Begini kata Warga Thailand Yang Pertamakali ikut Upacara Agustusan Di Indonesia

PPID (Sumbercanting) – Sudah menjadi kebiasaan warga Indonesia di setiap tanggal 17 Agustus mengikuti upacara bendera, tapi lain ceritanya kalau yang mengikuti upacara adalah warga asing.

Namanya adalah Abdul Hafis Khaday warga negara Thailand yang saat ini kuliah di Universitas Jember yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Sumber Canting kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso.

Saat diwawancarai PPID sambil malu-malu dengan bahasa indonesia yang kurang begitu lancar ia menceritakan pengalamannya saat mengikuti upacara bendera merah putih di wisata puncak Scorpio.

“Pikir saya itu sangat berkesan, saya gak pernah lihat yang seperti ini, dan disana kan (Thailand) upacara kayak gini tidak ada, jadi bisa mengingatkan hari kemerdekaan kayak apa, gitu,” ungkapnya, Jumaat (17/8/18).

Ia juga mengatakan bahwa tidak masalah ikut upacara kemerdekaan, meskipun dia bukan warga Negara Indonesia asli.

“Tidak masalah, karena meskipun saya bukan warga sini (Indonesia), tapi saya menghormati Negara ini, dan sudah sepatutnya kita tidak boleh saling bermusuhan karena beda negara,”ujarnya.

Saat ditanyakan prihal alur upacara bendera yang diikutinya, mahasiswa jurusan Sastra Inggris tersebut dengan bahasa yang terbata-bata menceritakannya.

“Saya kurang tau apa namanya, tapi yang saya lihat, buat baris berbaris dulu, habis itu bendera di buka terus dinaikkan sambil nyanyi. Dan terakhir pelepasan burung merpati,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *