Sambut Tahun Baru, Pokdarwis Sumber Canting Gelar Rapat Persiapan


PPID, (Sumbercanting) – menyambut tahun baru 2018 yang tinggal menghitung hari, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Sumber Canting kecamatan Wringin Bondowoso menggelar rapat persiapan.

Ketua Pokdarwis Sumber Canting, Sugiyono dalam sambutannya mengatakan bahwa Pentingnya persiapan tersebut.

“Persiapan ini penting, karena kalau tahun baru masyarakat matoritas akan liburan, dan salah satu tujuan liburannya ke wisata,” ujarnya. Rabu (13/12/17).

Lebih lanjut, Sugiyono juga mengatakan bahwa pentingnya keamanan wisatawan.

“Yang terpenting nanti kita sebagai Pokdarwis harus mengawal betul masalah keamanan pengunjung, agar wisata kita, baik Puncak Scorpio, Pemandangan Arak-Arak, dan Kraton Potreh Koning tidak mempunyai kesan jelek di mata masyarakat,” katanya.

Pada tahun baru 2018 kata Sugiyono, wisata yang ada di desa Sumber Canting akan di kemas semenarik mungkin.

“Hal ini kita lakukan agar pengunjung betah di wisata kita, dan mereka punya kesan menarik setelah pulang dari Sumber Canting,” tambahnya.

Masalah karcis masuk, pengunjung tidak perlu khawatir, karena tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal.

“Untuk karcis masuk, di semua wisata yang ada di Sumber Canting kita tetapkan hanya penitipan kendaraan atau parkir saja,” akhirnya.


Desa Sumber Canting Gelar Pelatihan Dan Berikan Alat Pertukangan Untuk Meningkatkan Hasil Mebel


PPID, (Sumbercanting) – Untuk meningkatkan kualitas hasil mebel, desa Sumber Canting kecamatan Wringin menggelar pelatihan dan pemberian bantuan alat pertukangan kepada pengerajin kayu.

Pelatihan dan pemberian alat pertukangan tersebut di gelar di balai desa sumber canting dan di ikuti oleh 60 tukang (pengrajin kayu).

Nurhasanah, Kepala desa Sumbercanting dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan di gelarnya acara tersebut untuk meningkatkan kualitas hasil pertukangan di desa.

“Bantuan dari pemerintah melalui kepala desa Sumbercanting ini tiada lain untuk meningkatkan kualitas hasil pertukangan itu sendiri”, ujar Nurhasanah. Selasa (5/12/17).

Lebih lanjut Nurhasanah juga mengatakan bahwa dengan perkembangan jaman maka alat pertukangan juga semakin canggih.

“Sekarang peralatan sudah canggih, kalau dulu pakek pasa, sekarang sudah pakei mesin, agar kualitas pertukangan itu sendiri lebih baik”, tambahnya.

Sementara itu, Rudi Hartono Sekretaris Desa (Sekdes) Sumber Canting dalam sambutannya mengatakan bahwa desa sudah mengajukan ijin usaha.

“Desa Sudah mengajukan ijin Usaha mebel panjenengan kepada pemerintah melalui kepala desa, kecamatan dan kantor perijinan, jadi nanti hasil pertukangan kalian tidak hanya berkutat di Sumbercanting”, ungkap pak Sekdes.

Sementara itu, dedi selaku Mabinsa menghimbau kepada semua tukang yang hadir agar menjaga alat yg di berikan.

“Makanya peralatan tukang ini di gunakan sebaik-baiknya pak, di jaga, di rawat, dan semoga di Sumber Canting ini di kenal dengan tukang-tukangnya yang hebat”, akhirnya.


Proses pembuatan PKS, Perhutani Bondowoso Survei Ke Wisata Sumbercanting


PPID (Sumbercanting)- Dalam rangka pembuatan Perjanjian Kerjasama (PKS), Perhutani Bondowoso Survei beberapa lokasi di desa Sumbercanting yang akan di jadikan objek wisata.

Ada dua objek wisata yang di survei oleh Perhutani Bondowoso di desa Sumbercanting, diantaranya Wisata Puncak Scorpio dan kraton potreh koning.

Menurut Asper Besuki, Basrowiyanto mengatakan bahwa Survei tersebut salah satu tujuannya untuk mengukur luas lahan yang akan di jadikan objek wisata.

“Ini nanti di ukur keluasannya seberapa, sehingga nanti bisa ditentukan seberapa luas wilayah perhutani yang masuk objek wisata”, ungkapnya di Puncak Scorpio. Selasa (28/11/17).

Lebih lanjut Basrowiyanto mengungkapkan letak lokasi Wisata Puncak scorpio yang berapa yang berada di desa Sumbercanting tersebut.

” ini di lokasi 12, petak A LPH kecamatan Wringin, PKBH Besuki dan KPH Bondowoso”, ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pokdarwis Sumbercanting, Sugiyono mengatakan sangat senang dengan kedatangan Perhutani Bondowoso ke wisatanya.

“Saya sangat senang sekali karena pihak perhutani ada perhatian dan dukungan, tadi sudah banyak masukan yang di sampaikan mereka, mudah mudahan kegiatan ini menjadi awal dan langkah yang baik, dan mungkin ada dinas atau instansi yang mau membantu proses pembenaham wisata di desa sumbercanting, kami sangat berterimakasih”, tandasnya.