Lagi Asyik Berburu, Warga Sumbercanting Temukan Situs Batu Pra-Sejarah

batu

PPID, (Sumbercanting)–Lagi asyik berburu di hutan milik Perhutani Bondowoso, warga temukan situs batu pra-sejarah di dusun Curah Cottok desa Sumbercanting kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Sabtu (12/8/17).

Menurut Sugiyono, salah satu warga yang menemukan situs batu pra-sejarah tersebut menceritakan bahwa pada awalnya ia dan teman-temannya hanya bertujuan untuk berburu binatang liar yang ada di hutan milik perhutani Bondowoso,tetapi malah menemukan Situs Batu.

“Saya waktu berburu di hutan ada warga bilang di daerah ini ada tempat untuk minumnya kuda, ternyata setelah saya datangi bukan tempat minumnya kuda melainkan batu situs peninggalan jaman dulu”, ungkap Sugiyono saat di konfirmasi pihak PPID di rumahnya.

Sugiyono yang juga ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Sumbercanting tersebut mengatakan bahwa keadaan situs tersebut tidak ada yang merawat sehingga ada bagian-bagian yang rusak.

“Panjangnya sekitar 2 meter, Bentuknya seperti situs Bendusah tapi tutupnya sudah hancur, mungkin dirusak sama orang”, lanjutnya.

Untuk sampai ke situs batu yang baru ditemukan tersebut perlu membawa perlengkapan karena berada di tengah hutan.

“Nyampeknya satu jam, rutenya lumayan sulit dan harus bawa bekal”, tambahnya.

Sugiyono berharap dengan ditemukannya situs batu tersebut dapat menambah perbendaharaan situs-situs batu di Bondowoso.

“Saya berharap penemuan ini dapat dimasukan dalam situs-situs batu peninggalan jaman dulu yang bertebaran di Bondowoso”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar