Disdikbud Bondowoso Gelar Pencarian Di Area Batu Purbakala Yang Baru Ditemukan Di Sumbercanting

bantusa

PPID, (Sumbercanting) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Bondowoso menggelar pencarian batu Purbakala di sekitar batu Sarkofagus yang baru ditemukan oleh masyarakat di hutan, tepatnya di dusun Curah Cottok desa Sumbercanting kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso. Senin (21/8/17).

Heri Kusdarianto, Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Purbakala kabupaten Bondowoso mengungkapkan bahwa besar kemungkinan di sekitar batu purbakala jenis Sarkofagus yang baru ditemukan oleh warga tersebut masih banyak batu yang lainnya sehingga diperlukan pencarian.

“Saya yakin di sekitar sini masih banyak batu seperti ini, apalagi menurut penuturan salah satu warga tadi ada 4 disekitar sini, tapi karena berhubung hutannya sangat lebat tumbuhan liarnya jadi menyulitkan pencarian”, ungkap Heri saat ditemui PPID di hutan.

Batu purbakala jenis Sarkofagus yang sudah ditemukan oleh warga tersebut kata Heri akan dicatat, di deskripsikan dan dilaporkan ke dinas Cagar Budaya kabupaten Bondowoso.
bantusa2
“Yang pertama kita catat dulu, kita deskripsikan dulu lalu kita laporkan ke dinas Cagar Budaya, karena letaknya sangat jauh dari pemukiman penduduk untuk sementara kita usulkan juru pelihara dulu”, jelas Heri.

Heri juga menambahkan bahwa batu Purbakala jenis Bendusah dan Sarkofagus seperti yang sudah ditemukan oleh warga tersebut memang banyak di daerah Bondowoso Termasuk di kecamatan Wringin.

“Batu purbakala yang sudah tercatat di Bondowoso sudah lebih dari seribu, dan Batu seperti ini yang paling banyak di daerah Wringin, Grujukan, Maesan, Pujer, Cuman sampai saat ini belum di optimalkan sebagai objek wisata karena masyarakat masih banyak yang tidak peduli”, ungkap Heri.

Sugiyono, ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Sumbercanting mengaku sangat senang karena dari dinas sejarah dan Purbakala kabupaten Bondowoso mau turun lansung untuk melihat penemuan batu purbakala tersebut.

“Saya sangat senang sekali, karena dari Dinas sangat antusias untuk datang dan melihat jenis-jenis batu purbakala disini, semoga kedepannya ada perhatian khusus karena mengingat jalan yang sulit dan jauh”, harap Sugiyono.

Dari pantauan PPID Sumbercanting di lokasi  kejadian, hasil pencarian batu purbakala oleh Disdikbud kabupaten Bondowoso dari jam 10.30 sampai 18.00 Wib menemukan jejak-jejak batu yang memang di pahat oleh manusia pada jaman dulu, dan ada batu yang mirip dengan batu Ganesa (batu gajah) yang terkubur dalam tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar